Menikmati Pendakian Gunung Prau Dieng Jawa Tengah

Maret 04, 2018

Menikmati Pendakian Gunung Prau Dieng Jawa Tengah
Menikmati Pendakian Gunung Prau Dieng Jawa Tengah
Sebelum melakukan pendakian tentu banyak harus dipersiapkan pastinya seperti peralatan yang memadai hingga kebutuhan yang cukup untuk melakukan pendakian. Karena berangkat melalui jalur yang berbeda dengan teman-teman yang berangkat dari Bandung sehingga tidak membawa peralatan dan perlengkapan yang memadai. Selama perjalanan dari Kebumen hingga bermalam di Wonosobo tentu hanya membawa satu sleeping bag yang digunakan berdua sebagai alas tidur di teras masjid.

Sampai akhirnya bertemu dengan teman-teman yang datang dari Bandung di Plaza Wonosobo dan melanjutkan perjalanan dengan bis kecil atau engkel ini menuju Patak Banteng sebagai titik awal pendakian Gunung Prau.

Sesampainya di Patak Banteng ini seperti biasa melakukan ibadah solat subuh terlebih dahulu di Masjid sekitar, dengan air yang lumayan dingin dan cuaca yang dingin juga membuat badan terasa menggigil kedinginan.

Setelah selesai Sholat ini tidak lama ada salah satu teman yang mengalami masalah yaitu kehilangan dompet yang pastinya berisi penting seperti KTP, SIM, STNK, dan juga uang pastinya. Setelah diperiksa semuanya ternyata memang hilang dan bingung harus bagaimana lagi. Setelah mencoba mengingat kembali namun tetap hasilnya tidak ada dan memang benar hilang jatuh dijalan atau mungkin tidak sengaja dibuang begitu saja, ahahaha.

Akhirnya daripada dibuat bingung untuk mencari barang yang hilang dan tidak tahu apakah bisa ditemukan, diputuskan untuk beristirahat di salah satu tempat makan yang berada di Patak Banteng itu sambil menunggu pagi tiba. Beberapa ada yang sedang beristirahat tidur, dan ada juga yang seperti biasa bermain gadgetnya masing-masing. Selain itu saya hanya sibuk menguruskan online shop saya terlebih dahulu karena setelah hp saya bisa aktif kembali banyak sekali konsumen yang menanyakan dan juga ingin mengetahui status pesanannya.

Karena dalam suasana ingin bersantai terlebih dahulu akhirnya diabaikan semuanya. Dan melanjutkan sarapan pagi dengan menu yang seadanya saja. Setelah selesai makan disini selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju pos awal Patak Banteng yang tidak terlalu jauh tempatnya dari tempat makan sebelumnya.

Sebelum melakukan pendakian tentu saja di setiap orangnya harus membeli tiket terlebih dahulu yang dulu hanya sepuluh ribu untuk satu orangnya. Setelah mendaki selanjutnya mulailah melakukan pendakian melalui jalur Patak Banteng ini.

Jalur Patak Banteng ini memiliki jalur yang cukup pendek namun memiliki keadaan jalan yang cukup curam karena jalur ini seperti menanjak sekitar 40-60 derajat. Terutama setelah melewati pos 2 jalannya semakin curam menanjak.

Selama mendaki tentu saja banyak beristirahat karena jalan cukup menanjak membuat cepat lelah. Dari pos awal hingga pos 1 ini selama menghabiskan sekitar 40 menit karena banyaknya istirahat dan menunggu teman-teman lainnya yang berada di belakang terutama perempuan.

Menikmati Pendakian Gunung Prau Dieng Jawa Tengah
Menikmati Pendakian Gunung Prau Dieng Jawa Tengah




Setelah di pos 1 menuju pos 2 ini cukup cepat hanya sekitar 30 menit karena mengurangi istirahat dan mengejar teman yang sudah jauh di depan. Setelah sampai di pos 2 ini baru melakukan istirahat yang cukup lama.

Setelah beristirahat lama selanjutnya kembali melakukan pendakian menuju pos 3 dan selama perjalanan ini membutuhkan waktu yang lebih lama dan banyak beristirahat. Jalan yang cukup menanjak dan banyaknya bebatuan besar menjadikan harus selalu waspada dan berhati-hati karena bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Menikmati Pendakian Gunung Prau Dieng Jawa Tengah
Menikmati Pendakian Gunung Prau Dieng Jawa Tengah

Karena sudah merasa lelah sekali perjalanan dari bawah hingga pertengahan jalan menuju pos 3 ini membuat menguras energy yang cukup banyak serta ditambah dengan beban tas yang beratnya hampir 15-20kg ini membuat perjalanan semakin lama.


Selama melakukan pendakian dari pos 2 menuju pos 3 ini sempat beristirahat disisi jalur pendakian agar tidak menghalangi orang lain yang melakukan pendakian juga. Selama beristirahat ini tiba-tiba terlihat dua orang berbadan besar berlarian menuju ke bawah seakan sambil melakukan lomba. Setelah meliwati tempat beristirahat terlihat dari belakang ternyata celana yang mereka gunakan itu melorot jatuh ke bawah untung saja orangnya tidak jatuh dan berhenti sebentar untur membenarkan kembali celana mereka masing-masing.

Seketika itu juga orang-orang yang melihat mereka berlari yang dengan celananya sampai jatuh seakan tertawa adanya hiburan sesaat yang membuat rasa lelah seakan hilang dan ingin kembali melanjutkan pendakian.


Menikmati Pendakian Gunung Prau Dieng Jawa Tengah
Menikmati Pendakian Gunung Prau Dieng Jawa Tengah

Setelah beristirahat kembali melanjutkan pendakian dengan jalan yang semakin menanjak curam. Setelah sesampainya di dataran yang merupakan menjadi pos 3 memutuskan untuk beristirahat dan membuat tenda dan lain sebagainya untuk beristirahat dan bermalam disitu.

Menikmati Pendakian Gunung Prau Dieng Jawa Tengah
Menikmati Pendakian Gunung Prau Dieng Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.